Header Ads

Keripik Buah Malang - Oleh-oleh Khas Kota Malang


Keripik Buah - Oleh-oleh Khas Kota Malang - Kalau Anda pernah singgah di Kota Malang belum afdhol rasanya kalau belum mencicipi lezatnya aneka keripik buah khas Malang. Ya, keripik buah memang jajanan khas asal Kota Malang, termasuk salah satu camilan khas malang. Sepanjang jalur utama dari Kota Malang menuju Kota Wisata Batu Anda akan menjumpai banyak sekali toko oleh-oleh khas Malang yang menjual aneka ragam keripik buah. Beberapa jenis keripik buah malang antara lain :
  • Keripik Buah Apel
  • Keripik Buah Nangka
  • Keripik Buah Mangga
  • Keripik Buah Nanas
  • Keripik Buah Naga
  • Keripik Buah Pepaya
  • Keripik Buah Rambutan
  • Keripik Buah Manggis
Jika berkesempatan masuk ke salah satu toko oleh-oleh pasti Anda akan disuguhi aneka ragam keripik buah. Mulai dari keripik nangka, keripik salak, keripik rambutan, keripik nanas, keripik semangka, keripik melon, keripik wortel dan lain-lain. Menu keripik buah sepertinya menjadi hidangan utama di setiap toko oleh-oleh di kota Malang. Begitu mudahnya Anda menemukan beragam jenis keripik buah dengan harga yang sangat terjangkau hingga harga premium.

Jika beruntung Anda bisa membeli tiga kantong keripik buah ukuran kecil seharga Rp. 10.000,- saja dari penjual asongan di tempat-tempat wisata. Namun jika Anda ingin mendapatkan keripik buah yang benar-benar berkualitas dan mau merogoh kocek lebih dalam Anda bisa mendapatkan harga mulai Rp. 85.000,- hingga Rp. 100.000,- per kg di toko oleh-oleh khas Malang.

Mungkin Anda bertanya, mengapa Kota Malang sangat dikenal dengan keripik buah-nya?
Saya mencoba menelusurinya dengan bertanya kepada beberapa rekan pengusaha toko oleh-oleh dan menemukan jawabannya. Ternyata jawabannya adalah karena teknologi pengolahan keripik buah untuk skala UKM pertama kali ditemukan oleh seorang dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Malang pada awal tahun 1990-an.

Teknologi pengolahan keripik buah dikenal dengan metode penggorengan vakum. Dimana buah-buahan segar yang telah dikupas dan dibersihkan digoreng dalam keadaan hampa udara (vakum) dengan menggunakan alat yang disebut Mesin Vacuum Frying.
Rupanya hal inilah yang menjadi salah satu penyebab banyaknya industri UKM di Malang yang memproduksi aneka ragam keripik buah. Artinya sudah hampir dua dasawarsa sejak ditemukannya teknologi ini bisnis keripik buah menjadi sangat potensial dan menjadi basis utama industri UKM di kota Malang dan sekitarnya.

Nah, jika Anda sedang berkunjung ke Kota Malang, jangan lupa mampir ke Kampoeng Sanan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Malang....


sumber: www.malangpedia.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.